Tutorial Game : Cara membuat karakter MUGEN - KASKUSMAN

Daku mo jelasin cara-cara membuat karakter Kaskusman yang pernah daku buat. Sebenernya caranya sederhana cuma mengganti gambar-gambar dan animasi dari karakter KFM bawaan MUGEN dengan menggunakan Fighter Factory Ultimate dan juga langkah menyesuaikan pallete warna dengan mengugnakan Photoshop. 

Sebelum memulai ada baiknya anda sudah mempunyai alat dan bahan untuk membuat karakter Kaskusman ini. Bahan-bahan dan alat yang diperlukan adalah :
  1. Fighter factory Ultimate (FFU) dapat anda donlot di Virtualltek atau di sini (FFU2.5 ukuran file :1,6Mbyte)
  2. Karakter KFM versi lama yang masih menggunakan SFFv1, dapat anda donlot disini (KFM.RAR ukuran file: 232 Kbyte)
  3. Photoshop
  4. MUGEN bisa di donlot di Elecbyte
Kemudian ada baiknya bagi yang beleum memahami FFU dan file-file penyusun karakter ada baiknya anda baca terlebih dahulu Tutorial : Pengenalan file penyusun karakter MUGEN dan pengenalan FFU :    .

Untuk membuat karakter Kaskusman dibutuhkan beberapa langkah besar yaitu :
  1. Menyiapkan daftar gambar-gambar penyusun gerakan karakter
  2. Mengubah Pallet warna gambar-gambar karakter agar sesuai dengan pallete warna KFM
  3. Mengganti gambar-gambar gambar KFM dengan gambar-gambar Kaskusman
  4. Mengganti dan menyesuaikan animasi karakter

Terlihat bahwa langkah-langkah tersebut tidak melibatkan utak-atik kode program dari karakter....hanya mengubah tampilan gambar saja.....:D
Ok langsung saja daku jelaskan

Langkah 1
Menyiapkan gambar-gambar gerakan Kaskusman, dari mulai berdiri memukul menendang dan lain-lain. Gambar sebaiknya dibuat daftar gerakan seperti yang bisa dilihat seperti gambar dibawah ini.

Kalo dibandingkan dengan KFM, kaskusman yang daku buat hanya memiliki gambar yang lebih sedikit. Gambar-gambar penyusun dari KFM ada sekitar 270 gambar sudah termasuk gambar-gambar Spark, dust dan efek-efek lain. Untuk melihat daftar gambar dari KFM yang digunakan bisa dilihat dengan menggunakan FFU yaitu dengan membuka kfm.def dari folder KFM dan cek pada posisi Sprite edit.

Langkah 2
Pallete atau daftar warna perlu diubah karena menyesuaikan warna dengan karakter KFM. Untuk tau apa itu pallete warna silahkan baca dari tutorial pengenalan : . Untuk mIenyesuaikan Pallete warna ini, buka daftar gambar karakter Kasukaman dengan menggunakan Photoshop.

Kemudian klik "Image- Mode", nah dari situ pastikan gambar sudah diubah menjadi "Indexed Color" , apabila belum maka ubah gambar tersebut menjadi Indexed Color.


Nah setelah sudah dikonversi menjadi indexed color , pallete warna disesuaikan dengan pallete mili KFM. Caranya klik 'Image-Mode-Color Table" lihat gambar atas.....ada popup menu paling bawah. maka akan muncul :


Sebenarnya gambar daftar kaskusman di atas paellete warnanya sudah disesuaikan dengan pallete milik KFM. Ini hanya memebrikan contoh langkah-langkah yang daku jalani. Ok....setelah itu klik "Load" dan cari file kfm.act pada folder KFM. Kemudian Klik "Load".

Kemudian Save Gambar daftar gerakan Kaskusman tadi.

Langkah 3
Potong-potong gambar-gambar kaskuman yang ada di gambar daftar gerakan kaskusman. tanpa mengubah properti kedalaman warna (color indexed : 8 bit) dan ekstensi gambar (bisa BMP, PNG dan PCX)  Kemudian dengan menggunakan FFU buka KFM.DEF dan klik posisi pada Sprite Edit.


Untuk mengubah gambar KFM menjadi gambar Kaskusman, pertama klik tanda scrool bar ke kanan dan kekiri  pada tombol-tombol seblah kiri yang menunjukkan daftar gambar. Lihat gambar di atas kotak sebelah kiri warna merah. Cari gambar yang akan diganti, misalnya untuk kondisi berdiri, maka cari posisi KFM sedang berdiri kemudian ganti dengan gambar Kaskusman yang sedang berdiri. Kemudian Klik menu toolbar "Sprite-Change Image".


Kemudian akan terbuka browser untuk mencari gambar. Arahkan pada gambar Kaskusman yang sedang berdiri. Kemudian Klik OK


Lakukan untuk semua gambar gerakan kaskusman....Tidak semua gambar dalam KFM diganti.....kalo idealnya memang semakin banyak gambar yang diganti dengan variasi gambar banyak pula maka grafik animasi akan terlihat lebih bagus. Jadi supaya animasi lebih bagus sebaiknya memang variasi gambar gerakan lebih banyak.

Langkah 4
Menyesuaikan animasi yang ada. caranya klik "Animations" pada menu toolbar diatas FFU. Cek semua animasi yang ada dengan meng-klik scrool bar ke kiri dan ke kanan. Disamping "Begin Action" disitu ada keterangan judul animasi sepert "standing animation, crouch dll". Itu menunjukkan keterangan gerak animasi apa yang sedang di-view.

Kemudian Klik frame untuk mengecek apakah gambar penyusun animasi sudah tergantikan dengan gambar Kaskusman??...apabila belum terganti maka klik "SPRITE" pada menu toolbar dan akan membawa pada tampilan sprite edit dan menampilan gambar yang menyusun animasi tersebut. lakukan pengubahan gambar KFM tersebut menjadi gambar sprite kaskusman. Caranya seperti pada langkah 3....

 

Cek dan benahi semua animasi yang ada....dan jangan lupa untuk mengeset Collosion Box....yaitu kotak-kotak yang menyelubungi gambar animasi untuk tiap frame.....karena kalo ini ga di set maka karakter akan tidak bisa mumukul dan dipukul....

Kotak biru menandakan daerah target pukulan untuk lawan ...sedangkan kotak warna merah adalah daerah karakter kita untuk melakukan serangan pukulan....ini terserah mo diset bagaimana....bisa cuma kotak merah saja yang dibesarkan daerahnya n kotak biru dikecilkan, sehingga kalo kita memakai karakter ini maka kita ga bakal bisa dipukul oleh lawan tetapi kita bisa memukul...tapikan tu ga fair play...:D ga jantan alias betina heheheheh....tapi ini terserah anda-anda aja....

Cara mengeset Collosion Box ini hanya di drag saja menggunakan Mouse....kemudian posisi karakter juga bisa di drag agar sesuai dengan yang anda mau dan sesuai juga ketika dimainkan di MUGEN tentunya....

Antara langkah 3 dan 4 saling berkaitan jadi cek langkah 4 apabila tidak sesuai cek langkah 3...begitu terusss bolak-balik sampe semua sempurna terutama animasinya. Anda juga bisa mengecek karakter anda ketika dimainkan di MUGEN dengan mengklik toolbar "execiute in window MUGEN" atau klik F9 (untuk menghubungkan MUGEN ke FFU baca ditutirial daku seblumnya). Cek semua tampilan gerakan karakter...apakah masih ada yg belum sempurna atau belum....
 -------------------------------------------------------

Nah setelah semua beres animasinya klik save dan tutup FFU..... kemudian kita tinggal rename  atau mengganti nama-nama file pembentuk karakter (def,sff,cmd,air dll) agar sesuai dengan nama karakter kita dan kemauan kita....kalo kasus ini kan tentang karakter kaskusman ....jadi   nama-nama file pembentuk KFM diubah menjadi Kaskusman...
Contoh :
KFM.DEF menjadi Kaskuman.def
KFM.SFF menjadi Kaskusman.sff
KFM.CMD menjadi Kaskusman.cmd
KFM.AIR menjadi Kaskusman.air
KFM.CNS menjadi Kaskusman.cns
KFM.ACT menjadi Kaskusman.act

sisanya biarkan saja.....

Kemudian buka lagi kaskusman.def menggunakan FFU.........kemudian pada tampilan Definition ini ubah semua parameter KFM menjadi parameter Kaskusman...seperti gambar dibawah ini.....kemudian klik SAVE
 
Selamat anda telah membuat karakter mugen anda sendiri......!!!!

Pada intinya untuk cara yang sederhana ini langkah-langkahnya sama apabila anda akan membuat karakter selain Kaskusman dengan Sprite atau cuplikan gambar yang anda buat sendiri ...
Anda juga bisa menerapkan sprite anda kepada karakter lain selain KFM....yang memiliki jurus yang lebih handal .....caranya sama .....hanya mengganti gambar, menyesuaikan pallete warna dan membenahi Animasi...
Nah setelah anda bisa buat karakter dengan sederhana ini....ada baiknya untuk tingkat lanjut anda belajar kode-kodenya....dan kalo dah bisa share ke kita-kita juga ya...:D

Demikian sekedar ajang membelah diri dan memperbaharui sel-sel tubuh daku...
Komen dan masukkan ditunggu....

Game : Update Karakter baru - Gayus Ga Tambun !(Update 1.4 Dragon Ball ke Indonesia)

Karakter game MUGEN ini bernama GGT (Gayus Ga Tambun), Siapakah GGT?? Update karakter diperuntukkan Game : Game : Dragon Ball Z berantem di Indonesia !! 


Cerita :
Karakter ini merupakan sosok yang berusaha membuka ikatan rantai pada tangan dan kakinya. Dia mencari orang yang memiliki senjata Liquid Petroleum Granade yang konon katanya mampu memusnahkan ikatan rantai ditangan dan kakinya.




Maximum Power Point Track untuk meningkatkan efisiensi Pembangkit Listrik Tenaga Surya


Daku pengen berbagi tentang apa itu MPPT  (Maximum Power Point Track) untuk PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya). Hal ini sebenernya adalah masa lampau daku yaitu sekitar 5 tahun lalu dimana daku bergelut dengan masalah ini. Jadi sambil nostalgia daku pengen berbagi. Teknologi fotovoltaik saat ini telah dikembangkan untuk mengkonversi energi surya menjadi energi listrik dan digunakan sebagai PLTS . MPPT ini adalah hal yang cukup baru untuk meningkatkan efisiensi dari PLTS.

Game : Upin & Ipin - karakter untuk MUGEN (Update 1.3 Dragon Ball ke Indonesia)


Karakter ini dari cerita " Upin Ipin dan kawan-kawan " buatan LES COPAQUE...ini daku buat karakternya di MUGEN cuma untuk maksud sekedar hiburan saja...tidak ada maksud-maksud lain....just for entertaintment and refreshment. Ini update dari Game : Dragon Ball Z berantem di Indonesia !! tetapi bisa juga di pakai di game berbasis MUGEN lainnya.
Si Upin berantem dibantu adiknya si Ipin sebagai helper....

Tutorial Game : Pengenalan File Penyusun Karakter MUGEN dan Pengenalan Fighter Factory Ultimate


Membuat karakter di MUGEN bisa dibilang gampang-gampang susah. Karena dibutuhin ketertarikan, kesabaran dan juga waktu untuk belajar. Disini daku mo bagi ilmu tentang kelengkapan ato file-file yang dibutuhkan untuk sebuah karakter di MUGEN ….dan juga melihatnya dengan menggunakan Fighter Factory Ultimate. Disini daku buat file PDF-nya.

Dalam file PDF yang daku buat ada 11 halaman berisi :
  • Apa itu MUGEN??
  • File apa saja yang dibutuhkan untuk membuat karakter di MUGEN?? : dijelaskan file-file penyusun karakter seperti SFF, DEF, CNS, ACT,CMD, CNS dll dengan fungsi dan keguanaannya
  • Apa itu Fighter Factory Ultimate???
  • Melihat SPRITES : cuplikan-cuplikan gambar yang menyusun animasi dari karakter
  • Melihat Pallete : melihat setting Indexed Color dengan kedalaman warna 256
  • Melihat ANIMASI : tampilan untuk meng-edit file AIR ato animasi
  • Melihat Constants (CNS) : disini kita dapat menge-edit kondisi dari karakter....disini kita bisa meng-edit power, kekuatan pukul, kekuatan bertahan, intro, TKO dll
  • Melihat Commands (CMD) : melihat command file
  • Menghubungkan FFU dengan MUGEN : Hal ini diperlukan karena untuk memudahkan kita untuk mengetes karakter yang kita buat

Untuk lengkapnya bisa di DOWNLOAD di :
Pengenalan_Cara_Membuat_Karakter_MUGEN_Menggunakan_Fight.pdf  (ukuran file : 1.8 Mbyte)



Demikian sekedar membelah diri untuk memperbaharui sel-sel tubuh daku.....



Posting Terkait :






Game : Update 1.2 Dragon Ball ke Indonesia - Karakter si Unyil


Ini update untuk game "Dragon Ball Z ke Indonesia" yaitu untuk menambah karakter baru yaitu si Unyil.Sebelumnya untuk meg-update kalo bisa game sudah di update ke "Update1.0-  Background Kaskus". Karakter ini "lumayan" lebih smooth dari pada karakter yang sebelumnya daku buat yaitu Kaskusman

Game : Update 1.1 Dragon Ball ke Indonesia - Background Kaskus



Ini update untuk game Dragon Ball Z ke Indonesia......Akhirnya Kaskusman punya stage berantem dan juga pallete warna sudah dibenahi sehingga warna tidak berubah-ubah ketika berantem.....

Updatenya adalah :
  • Karakter baru Kaskusman dengan bug fixed : pallete warna sudah dibenahi
  • Ada stage/background berantem tambahan : dengan tema "KASKUS" pake background musik "Kaskus Anthem" by Saykoji

Berikut adalah gambar cuplikan background KASKUS :


Dan ini videonya :

DOWNLOAD LINK :
Ini adalah file update untuk stage berantem MUGEN tema Kaskus :
Update1.0-DragonballkeIndonesia.rar(Ukuran file : 2.35 MB)


Cara update :
  • Kalian harus sudah ada game Dragon Ball Z ke Indonesia
  • Buka file RAR untuk update yang sudah di donlot diatas..buka "Baca Daku dulu.txt" untuk jelasnya
  • Ekstrak dan tempatkan program "Dragon ball Ke Indonesia.exe" pada folder Dragon Ball Ke Indonesia
  • Klik program tersebut dan Overwrite data
  • Selesai....dan silahkan  coba cek klik MUGEN.exe
Demikian postingan daku untuk update game...sekedar membelah diri untuk memperbaharui sel-sel tubuh daku.....

Postingan terkait :

- Game : Dragon Ball Z berantem di Indonesia !!

Tutorial Game : M.U.G.E.N 2D fighting game engine - Membuat sendiri game berantem 2D




Mungkin sebagian dah pada tau apa itu MUGEN. Kita bisa nyusun game berantem dengan nafsu kita sendiri, bisa karakter Dragon Ball lawan Street Fighter, King of Fighter lawan Naruto ato One Piece lawan Bleach !! Ato kita mo buat karakter kita sendiri bisa juga...dan MUGEN ini gratis alias freeware dan juga dengan didukung berbagai macam Tools untuk menyusun game ini dan sebagian besar juga Freeware!

Apa itu MUGEN??????
MUGEN merupakan game engine untuk menyusun & membuat game berantem dua dimensi. Kita bisa buat karakternya, screen pack ato tampilan menu dan in game menu kaya life bar power bar dll, trus kita juga bisa buat intro game, bisa juga buat story mode ato jalan cerita untuk setiap karakternya. Silahkan donlot MUGEN di ELECBYTE(Download). MUGEN yang ada disitu adalah RAW ato mentahan ato masternya.....disitu  masih tampilan dasar.... screenpack masih asli dan juga karakter cuma ada KFM dan KFM 720 (KFM versi High defininition=gambar lebih smooth).

Tampilan menu MUGEN Awal (Mentahan) versi WINDOWS- ini tampilan High Res/Definition 

Tampilan in game : KFM lawan KFM 720

Nah dari situ kita bisa buat bermacam-macam bentuk dan tampilan sesuai dengan kemauan kita-kita. Kita bisa donlot karakter-karakter yang banyak tersebar di Internet , terus kita bisa masukin ke MUGEN. Banyak komunitas MUGEN yang ngebuat karakter-karakter dari Street Fighter, Naruto, Bleach, King of Fighter, Dragon ball Z dan banyak lagi. Sebagai contoh daku kasih link-linknya yang nyediain karakter-karakter dan juga stuffs yang siap di download :

http://randomselect.piiym-net.com/ : karakter (hosted dan linked), screenpack, mugen, tool, stage.
http://www.mugenation.com/ : karakter (kebanyakan linked), screenpack, mugen, tool, stage.
http://www.mugenguild.com/ : forum, diskusi dan pamer hasil kreasi mugen seperti karakter, stage
http://www.mugen-infantry.net/ : forum pamer hasil kreasi mugen seperti karakter, stage







Ato sebagai contoh game yang pernah daku susun yaitu Dragon Ball Z Berantem di Indonesia !! . Berikut snapshotnya :

Tampilan menu MUGEN yang sudah di modifikasi dalam Dragon Ball Z Berantem di Indonesia !!


Tampilan in game dari Mugen yang telah dimodifikasi : Kaskusman lawan Mr. Satan 

Senjata/tool untuk Membuat game MUGEN
Sebenarnya dari Elecbyte sendiri sudah menyediakan Tools untuk membuat game MUGEN seperti SFFmaker, SFF2PNG, Sndmaker, Airedit dan lain-lain tetapi itu pake DOS command line jadi ga begitu user friendly. Software-software tersebut sudah ada dalam satu paket ketika kita men-download Mugen...
Ada banyak tools yang dibuat diluar ELECBYTE....sebagai contoh yang sering daku pake :

MUGEN CHARACTER MAKER (MCM)
Software ini digunakan untuk membuat karakter tetapi bisa untuk stage dan screenpack juga dari segi ukuran file MCM termasuk enteng tapi powerfull. Tetapi kelemahan software ini adalah :
  • MCM ini cuma bisa ngedit file SFF (file sprite ato potongan gambar), ngedit file AIR (animasi karakter), ngedit file SND (suara karakter) dan file ACT (pallete warna dari karakter)
  • Tidak terintegrasi dengan koding-kodingnya jadi kalo mo buka bagian koding seperti CMD, CNS dan DEF file dari karakter dilakukan secara terpisah dengan menggunakan program lain seperti NOTEPAD.....
  • File gambar yang bisa diupload dan dimasukkan hanya gambar dengan ekstensi PCX dengan kedalaman warna 256.
Tampilan MUGEN Character Maker

Yah begitulah karena ini software lama release tahun 1999....tapi pada waktu itu software ini adalah yang paling user friendly dan paling banyak digunakan....
MCM bisa di download : MugenCharacterMaker.zip (ukuran file : 538 KB)


FIGHTER FACTORY ULTIMATE (FFU)
Software ini adalah paling baik karena memang bisa dikatakan lengkap dan terintegrasi. Fitur-fitur yang ada di FFU ini adalah :
  • Program terintegrasi dalam 1 project yaitu untuk membuat karakter maka FFU dapat mengintegrasikan program editor untuk definition file (DEF), editor untuk sprite (SFF), editor untuk Animasi (AIR), editor untuk pallete warna (ACT), editor untuk constants (CNS), editor untuk command, editor untuk editor untuk suara (SND) dengan tampilan yang user friendly....
  • Untuk sprite (SFF) atau cuplikan gambar, FFU dapat membaca gambar dengan format file PCX,PNG dan BMP yang artinya lebih variatif....
  • File gambar sprite bisa lebih dari 256 kedalman warnanya tetapi konsekuansinya pas dimasukin akan ada warna yang ilang alias bolong-bolong karena slot pallete warnanya ga cukup...
  • Untuk CNS dan CMD editor dilengkapi juga dengan "function list" jadi kita dapat melihat daftar fungsi-fungsi  untuk memicu gerakan pukul, tendang, jurus dll. 
  • CNS editor juga dilengkapi palFX editor sehingga lebih memudahkan kita mengeset warna karakter ketika terpukul, terbakar ato terkena jurus...
  • CMD editor dilengkapi editor gerakan yang user friendly untuk pendeklarasian fungsi seperti kita memencet tombol.
Tampilan Fighter Factory Ultimate

Sedangkan kelemahan FFU saat ini adalah masih belum bisa mengedit SFF2 ato versi terbaru untuk sprite atau cuplikan gambar High definition atau High resolution. Padahal ELECBYTE saat ini telah mengeluarkan MUGEN release candidate terbarunya yang mampu menggunakan gambar High Definition dan High Resolution. Tetapi Virtualltek juga mengumumkan bahwa mereka akan mengupdate FFU versi 2.5 yang ada saat ini menjadi FFU versi 3 yang bisa untuk mengedit SFF2 di tahun 2011....kita tunggu saja....
Fighter Factory Ultimate bisa di download di : VIRTUALLTEK atau ffu25.exe (ukuran file : 1,7 MB)

MCM dan FFU di atas bisa digunakan untuk membuat story board (intro dan ending) dan juga bisa untuk membuat Stage atau background berantem...tetapi kita hanya menggunakan SFF editornya saja sedangkan kodingnya pake NOTEPAD atau generic code editor lainnya.

AUTOMATIC STAGE CREATION (Stage Tool)
Ini adalah tool yang sangat berguna dan mudah digunakan untuk membuat Stage atau background berantem yang di buat oleh Cybaster.....Karena kita hanya butuh gambar dan tinggal klik-klik saja dengan tampilan yang sangat user friendly....tanpa ada proses koding untuk membuat file SFF dan DEF dari Stage/background....Software ini sudah daku posting di Cara buat Stage/background berantem di MUGEN pake Stage Tool
Kelemahan Stage tool ini adalah :
  • Apabila di stage yang kita akan buat ada gambar bergeraknya ...maka kita tidak bisa pake software ini
  • Apabila ada banyak elemen kecil dan banyak delta maka kita tidak bisa pake software ini

Tampilan dialog STAGE TOOL
Dengar-dengar juga akan ada Automatic Character Creation....ini bisa memudahkan kita untuk membuat karakter.....tapi belum nongol juga ini tool...cek aja updatenya siapa tau dah nongol di MUGENGUILD-Stage Tool Topic
Stage Tool dapat di download di CYBASTER

"SENJATA-SENJATA" LAIN
Tool lain yang dibutuhkan adalah software-software pengolah gambar....karena ini dibutuhkan untuk mengolah sprite. Biasanya untuk mengubah ukuran gambar, modifikasi gambar, modifikasi format gambar (PCX, BMP,PNG dan lain-lain), modifikasi kedalaman warna dll.
Di dalam file karakter Mugen ada file dengan ekstensi ACT...nah itu adalah daftar pallete warna...file ACT ini bisa didapetin pake Photoshop....tapi di FFU sudah tersedia karena ada Pallete Editor...

Demikian ajang membelah diri untuk memperbaharui sel-sel tubuhku....Untuk lebih jelas dan pengenalan apa itu MUGEN, Tutorialnya, dan lain sebagainya bisa di cek dan download di ELECBYTE.

Posting terkait :





Tutorial Game : Cara buat Stage/background berantem di MUGEN pake Stage Tool

:Goku mini-mascot charm (~2" head) [DragonBall big head mini-mascot charm series] (Japanese Import)Korin (DragonBall) ~3.25" mini-plush charm [Weekly Shonen Jump - 40th Anniversary Edition] (Japanese Import)Official Banpresto Dragonball Z Majin Buu Plush - StAnding Buu
Daku mo bagi info dan tips tentang game MUGEN yaitu cara gampang ngebuat Stage/Background berantem pake Stage Tool yang dibuat oleh Cybaster. Kalo pake ini kita ga perlu koding-koding cuma tinggal klik sana-sini pokoknya user friendly lah..

Tutorial Game : Fullcsreen Mode untuk Winmugen

MG Master Grade Figure-Rise Dragonball Z Son Gokou 1/8 model kitDragon Ball Z 4.5" Real Works Figures - Goku (GT)Dragon Ball Z 8" Power Booster Figure - PiccoloDragon Ball Z 4.5" Real Works Figures - Trunks (GT)
Ni daku up-date tentang posting sebelumnya yaitu  Game : Dragon Ball Z berantem di Indonesia !! Update ini tentang ngebuat grafik lebih Ok pake Fullscreen Mode. Klo dilihat pake Fullscreen mode bisa lebih smooth dikit grafiknya, tapi jangan harap grafiknya kaya PS yah...:D

Diberdayakan oleh Blogger.